Tips Beli Laptop Bekas

Selasa, November 18, 2008

Buat Anda yang ingin membeli notebook second, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan. Karena membeli notebook second tidak semudah membeli notebook baru. Untuk notebook baru, mungkin Anda hanya bingung menentukan pilihanya saja, tapi untuk notebook second ada banyak hal yang perlu diperhatikan.

Dibawah ini ada beberapa hal yang harus diperhatikan sebelum Anda membeli notebook second
1.Fisik Notebook
Casis
Kondisi dari casis laptop mengidentifikasi apakah notebook tadi dirawat dengan baik oleh pemilik pertama. Perhatikan baik-baik seluruh casis laptop sehingga Anda tak menyesal di kemudian hari karena kerusakan tak cermat mengamati kerusakan yang terjadi.
Layar Laptop
Layar LCD laptop adalah salah satu komponen paling mahal. Karena itu, pastikan layar laptop masih mampu bekerja dengan baik. Pastikan juga LCD tadi tidak mempunyai dead pixel
Keyboard & Taouchpad
Pastikan keyboard dan Touchpad laptop masih berfungsi dengan
baik. Hal inii karena mengganti keyboard dan touchpad, selain membutuhkan biaya juga tak semudah seperti halnya desktop

2.Komponen Notebook
Prosesor
Untuk saat ini, sebaiknya Anda membeli notebook second berproses minimal Pentium III. Prosesor ini masih mapu menjalankan system operasi modern seperti Windows XP dengan cukup baik.
Tapi bila Anda ingin sebuah koneksi wifi, sebaiknya pilih notebook yang mempunyai prosesor pentium 4. Kebanyakan notebook yang berprosesor pentium 4 atau yang setara telah mendukung teknologi WiFi. Lebih baik lagi bila Anda memilih notebook yang telah berlabel teknologi centrino.
Rata-rat notebook yang telah berlabel centrino harganya sudah turun jauh, mungkin kisaran 3,8 – 4 jutaan rupiah. Anda sudah bisa mendapatkan notebook yang berteknologi Centrino.
Memori
Memori RAM untuk notebook harganya memang sedikit mahal dibandingkan dekstop, jadi lebih teliti RAM yang ditanam di dalam notebook tersebut. Teliti kapasitas RAM dan periksa apakah bisa diupgrade dengan mudah jika suatu saat Anda menginginkannya. Disarankan agar laptop punya kapasitas Ram yang minimal 512 Mb.
Kapasitas Harddisk
Laptop lama mungkin hanya punya kapasitas hardisk minimal 40 GB, bahkan ada yang hanya 10 GB. Tentukan kapasitas yang memenuhi kebutuhan Anda dalam menyimpan data.
Baterai
Baterai laptop bekas biasanya lemah. Pertimbangkan apakah Anda memerlukan baterai baru. Jika misalnya laptop hanya dipakai di rumah, Anda mungkin tak perlu baterai baru dan bisa mengandalkan daya listrik

Disadur dari tabloid Komputek Edisi 575 minggu ke-2 Juni 2008

Source image from google

Artikel Terkait

Previous
Next Post »

1 komentar:

Write komentar
infoGue
AUTHOR
16 Desember 2008 16.14 delete

Artikel anda di

http://belanja.infogue.com/tips_beli_laptop_bekas

promosikan artikel anda di infoGue.com. Telah tersedia widget shareGue dan pilihan widget lainnya serta nikmati fitur info cinema, game online & kamus untuk para netter Indonesia. Salam!

Reply
avatar

Mari kita menjalin pertemanan dengan meninggalkan komentar Anda di postingan ini. EmoticonEmoticon