Mengenal Virus, Worm, dan Trojan

Selasa, November 18, 2008
WORM

Worm adalah sebuah program rumit yang dapat berkembang biak secara otomatis dan berpindah antar computer lewat e-mail. Worm biasanya menyebar dalam jaringan (seperti dalam perusahaan dan internet). Varian worm baru tidak tergantung dari program mail Anda.

Infeksi worm biasanya mucul bersama e-mail yang seolah dikirim oleh kenalan Anda, sehingga Anda tidak menyadari masuknya worm tersebut. Jika worm telah masuk ke dalam computer Anda, ia akan mengirim copy dirinya keseluruh alamat e-mail yang terdapat dalam addressbook Outlook atau Outlook Exspress guna menginfeksi kenalan Anda. Beberapa worm bahkan memiliki program tambahan yang berupa virus biasa. Setelah masuk, virus ini akan segera memenuhi hard disk dengan data atau bahkan justru merusak data yang terdapat di computer Anda.


VIRUS

Dalam dunia computer, virus adalah sebuah program kecil yang akan merusak dan menyebar secara otomatis ketika dijalankan dalam computer. Kerusakan yang ditimbulkannya dimulai dengan kerusakan kecil. Tergantung dari programnya, kerusakan umumnya dimulai dari laporan-laporan aneh hingga hilangnya data dari hard disk Anda.

Macro virus : Sangat berbahaya untuk pengguna windows, berfungsi ketika pemanggilan dokumen office. Virus dari tipe ini mudah sekali dibuat karena bahasa pemrogramnya relative mudah.

Virus program/file : Terdapat dalam program yang dijalankan (.exe). ketika dijalankan, virusnya akan menyerang program lainnya dan menghancurkan data-data Anda.

virus bootsector : Menyerang sector paling awal dari hard disk atau disket. Setiap restart dan bagian ini diakses. Program ini akan berkembang bika dimemori untuk menginfeksi media memori lainnya.

TROJAN

Trojan adalah program yang bekerja secara tersembunyi menyrang sistem operasi dan membuka celah keamanan. Umumnya mereka masuk ke dalam file yang biasa Anda temui. Setelah bersembunyi, aplikasi ini membuka ’pintu kecil’ bagi hacker agar ia dapat mengakses hard disk dan mengendalikan PC Anda dari jarak jauh.

Program ini bersembunyi di program-program yang tidak penting. Setelah diaktifkan, trojan ini akan menjalankan aksi mata-mata terhadap data-data penting seperti password, nomor kartu kredit, dan e-mail untuk kemudian dikirimkan k hacker lewat internet.

Majalah Computer Easy
Edisi 12 / Desember 2004

Artikel Terkait

Previous
Next Post »

Mari kita menjalin pertemanan dengan meninggalkan komentar Anda di postingan ini. EmoticonEmoticon