Ketika Virus Terlanjur Serang Komputer

Selasa, November 18, 2008
Menggunakan antivirus lain
Kalau komputer and masih bisa diinstal Antivirus lain, maka sebaiknya dicoba. Gunakan program antivirus yang terbaru, langsung scan jika sudah selesai install atau akan lebih baik jika di update terlebih dahulu.
Bisa jadi, untuk kebnyakan antivirus hal ini tidak berhasil, karena virus biasanya sudah mengantisipasi hal ini. Alternatifnya, anda bisa menggunakan antivirus baru, misalnya RISING Antivirus 2008 Free Edition, yang baru saja di release

Scan dikomputer lain
Jika anda mempunyai komputer laian atau yang terdapat antivirus up to date di dalamnya, cobalah scan dikomputer tersebut. Cara terbaik adalah dengan melepas hardisk dan memasangnya di komputer lain itu, kemudian baru di scan secara menyeluruh.
Namun cara ini biasanya tidak bisa dilakukan terhadap laptop yang masih garansi, karena jika melepas hardisk bisa berdampak merusak label garansi di laptop tersebut.

Menggunkan antivirus di Bootable CD
Bootable CD yang dimaksud adalah CD berisi sistem operasi yang bisa menjalankan komputer tanpa memerlukan harddisk. Dengan begiru, semua program yang ada di harddisk, termasuk virus dijamin tidak bisa berjalan, tetapi bisa diakses lewat Bootable CD.
Ada beberapa Bootable CD gratis yang sudahg disertakan antivirus dan bisa dimanfaatkan, antara lain :
1.Ultimate bootcd (UBCD)
Berbasis DOS, sehingga bagi anda yang belum terbaisa mungkin akan kesulitan. Antivirus yang disertakan adalah F-Prot Antivirus for DOS (Virus Definition : 4 May 2007), McAfee Antivirus Scanner 4.40.0 (Virus Definiton : 3 May 2007) dan Bughunter. Sehingga sepertinya tidak mencukupi karena tidak update lagi, Anda bisa mendowload Ultimated di http://www.ultimatebootcd.com UBCD4Win (Ultimate Boot CD for Windows). Pengembangan dari UBCD, dan sudah berbasis windows XP sehingga lebih mudah digunakan. Namun untuk membuat Bootable CD ini diperlukan CD instalasi Windows Xp. Ukurannya cukup besar, sekitar 230 MB. Anda bisa download di http://ubcd4win.com

2.AntiVir Rescue System
Bootable CD yang khusus menangani virus ini berbasis Linux dan selalu mengalami update, bahkan mungkin setia hari selalu ada tambahan virus baru, sehingga sangat bermanfaat. Untuk dowload di http://www.avira.com/en/support/support_downloads.html
Apabila anda bertujuan untuk menangani virus semata, maka AntiVir Rescue System memiliki keunggulan diatas lainnya. Selain hanya sekitar 55 MB, AntiVir Rescue System senantiasa update sehingga mampu mendeteksi virus-virus baru.
3.Scan dan hapus virus secara manual
Cara ini bisa dilakukan bagi yang sudha familiar dengan sistem operasi windows, teknikpenyebaran virus, informasitentang file atau directory komputer dan lainnya. Car ini sebaiknya dilakukan melalui Bootable CD atau dengan Linux Live CD seperti Ubuntu, Knoppix, dan lainnya.
4.Install Ulang
Ini adalah alternatif terakhir jika semuacar diatas tidak bisa mengatasi. Tetapi dengan selesainya install ulang tidak menjamin komputer bebas virus, bisa saja virus menginfeksi program lain yng diinstal kemudian. Kelemahan cara ini adalah jika anda sudah menginstal banyak program pada komputer, maka cara ini butuh waktu cukup lama dan melelahkan.
Cara ini mungkin juga tidak bisa dilakukan jika komputer/ laptop sudah diinstall Sistem operasi sejak kita beli (Software OEM), karena biasanya tidak disertakan CD instalasinya. Yang jelas jika ingin menginstall ulang, pastikan CD Driver komputer/laptop sudah tersedia. Selain itu sebaiknya diketahui dulu virus apa yang menginfeksi komputer sebelum mengunstall ulang.

Disadur dari tabloid Komputek Edisi 582 minggu ke-4 Juli 2008

Artikel Terkait

Previous
Next Post »

Mari kita menjalin pertemanan dengan meninggalkan komentar Anda di postingan ini. EmoticonEmoticon