Curhat soal Hosting dan Domain Bermasalah

Minggu, Mei 15, 2011

Selama pertengahan April 2011 sampai saat saya menuliskan psotingan ini, saya di sibukkan dengan urusan hosting dan domain. Sungguh hal ini sangat menyiksa saya. Sebenarnya kegiatan mengelola domain ini saya lakukan sejak april 2011, saat itu saya lagi mencoba blogging menggunakan wordpress dan domain berbayar di fiarchan.com pada i****host.com, tapi saat ini domain tersebut sudah expired dan saya malas untuk mengurusnya lagi. Kalau boleh jujur saya lebih suka ngeblog menggunakan blogger daripada wordpress. Untuk saat ini saya belum bisa mengutarakan alasannya, mungkin di postingan selanjutnya saya akan membahas alasan tersebut.


Kegiatan mengelola domain yang kedua ini adalah waroengbuku.com (blog tentang persewaan buku). Saya mencoba membeli domain di website j****host.com karena saat itu lagi promo domain cuma 79ribu (dasar saya suka nyari yang murah-murah). Pelayanannya memuaskan bahkan saya dibantu untuk setting DNS blogspot dengan domain tersebut oleh adminnya.

Lalu karena merasa puas dengan pelayanan j****host.com saya pun kembali membeli domain disana seharga 76rb (sekali lagi, ini juga karena masa promosi) untuk rumahkliping.com. Domain ini merupakan proyek tugas salah satu mata kuliah dengan beberapa teman saya.  Tapi untuk pengelolaan domain yang kedua ini saya sangat merasa kecewa, mereka sudah tidak menyediakan free DNS Forwarding lagi untuk blogspot dan mereka akan melakukannya jika saya bersedia menambah fee 50rb. Dan parahnya saya tidak mengetahui akan adanya peraturan ini  Kalau tahu begini kan saya tidak akan order domain di website tersebut :(
Dan sampai saat ini saya belum mengurus rumahkliping.com karena bingung mau diapakan domain tersebut.

Dan pengelolaan domain yang sangat menguras pikiran, tenaga, dan biaya adalah zonamurah.com yang saya coba hostingkan di w****s.com.  Kenapa? Karena saya dibuat stress gara-gara website tersebut sempat rusak karena kesalahan saya mengutak-atik cpanel, agar mudah di index oleh google. Padahal sudah selesai hampir 80%.  Dan parahnya saya merusakkannya saat menjelang 3 hari sebelum penilaian UTS, disaat itu pula laptop saya rusak, karena tiba-tiba suka merestart sendiri. Domain tersebut merupakan tugas kelompok membuat e-commerce di salah satu mata kuliah saya. Duh pokoknya bisa dibayangin deh gimana kalang kabutnya saya saat itu, sedangkan teman kelompok saya yang lain, sangat awam mengenai dunia perhostingan dan domain.

Tapi alhamdulillah saat ini domain zonamurah.com sudah dapat diakses kembali, walaupun masih harus ada tugas berat yang menunggu yakni mempromosikan zonamurah.com

Moral Strory dari postingan ini :

  1. Jangan asal percaya dengan hosting dan domain yang terlalu murah (walaupun saya sendiri juga suka yang murah-murah), karena biasanya ada harga, ada mutu yang dapat dipertanggungjawabkan.  
  2. Baca dulu fitur yang ditawarkan oleh calon penyedia hosting dan domain, bila perlu cari track recordnya pada google dengan mengetikkan kata kunci "kecewa dengan hosting di blabla" 
  3. Jadi tambah pengalaman buat mengelola domain dan hosting.
  4. Terakhir dan paling penting, kelola lah blog atau website anda dengan baik. Karena ketika Anda sudah membeli domain dan hosting, berarti dan anda sudah memiliki komitmen untuk merawat website atau blog Anda. Selain itu siapa tahu ada orang yang melirik untuk membeli blog Anda dengan harga tinggi. hehehe..

Sumber gambar: http://www.sukanyontek.co.vu/2014/01/pengertian-hosting-dan-domain-adalah.html

Artikel Terkait

Previous
Next Post »

Mari kita menjalin pertemanan dengan meninggalkan komentar Anda di postingan ini. EmoticonEmoticon