Pengalaman Jualan di Ebay

Minggu, April 03, 2011
Sudah lama saya tidak pernah mengisi blog ini lagi, entah kenapa tiba-tiba saya kangen untuk menulis lagi di blog.
Sebenarnya, saya pengen rutin menulis di blog tapi apa daya, rasa malas selalu menghampiri saya setiap kali ingin menulis di blog ini.

2 minggu ini saya sedang menjalani UTS di kampus. Biasalah ujian rutin bagi mahasiswa. Saya sendiri merasa "sedikit" santai menghadapi UTS kali ini. Mungkin saya sudah merasa bosan kuliah, jadi menghadapi UTS dengan santai. hehehe...

Di tulisan kali ini saya ingin membagi pengalaman saya berjualan di situs perdagangan terbesar yakni "Ebay". Yup sudah sejak sebulan ini saya mencoba berjualan barang di Ebay, ada suka dan ada dukanya.

Penjualan pertama saya di ebay seharusnya untung, eh malah rugi sebanyak $3. Bagaimana bisa? Ya bisalah karena saya kurang informasi mengenai barang yang saya jual lewat jasa dropship. Bagi yang belum tahu apa itu dropsip silahkan cari lewat mbah google :)

Di website dropship tersebut menyebutkan bahwa "all product is free shipping". Dan akhirnya saya pun menjadikan website tersebut sebagai dropship pertama saya. Akhirnya saya menemukan barang yang sangat murah bisa dijual, dan saya bisa mendapatkan keuntungan yang cukup lumayan. Selang 2 hari, jualan saya ada yang ngebid (nawar), setelah masa bid berakhir maka saya pun menghubungi si dropship, dan ternyata untuk kirim ke negara tersebut dikenakan ongkos kirim $3. Alamak betapa kagetnya saya. Karena sudah tidak bisa di cancel dan takut dapat feedback negatif karena salah kasih info akhirnya saya pun tetap melakukan transaksi tersebut walau harus rugi $3.

Selanjutnya barang kedua yang saya jual adalah invisible pen. tentunya dengan jasa dropship. Dan kalau laku saya bisa dapat keuntungan $4 setiap jual produk tersebut. Pikir saya lumayan lah bisa menutupi kerugian penjualan saya yang pertama. :)

Baru satu hari jualan udah ada yang ngebid. bahkan ada yang kirim privat message diebay yang meminta 40 piece yang harus kirim sebelum tanggal 25 Desember 2010 ke california Amerika. Saat itu betapa girangnya saya. Dan berencana mengabari si pemesan malamnya. Karena saat itu saya lagi online dikampus dan waktunya sangat terbatas.

Saat online dimalam hari, saya sangat terkejut karena barang yang saya jual dilarang oleh ebay, katanya melanggar hak cipta. Waduh hilang deh kesempatan saya cari uang lagi lewat ebay. Hiks..hiks.. :(

Ya dari pengalaman ini saya merasakan bahwa peluang untuk jualan di ebay itu masih terbuka lebar. Apalagi menjelang akhir tahun. Mulai dari peringatan thanks giving, natal, tahun baru sampai valentine day.

Ditulis pada tanggal 10 November 2010

Artikel Terkait

Previous
Next Post »

1 komentar:

Write komentar
Atmin
AUTHOR
3 Desember 2017 pukul 07.28 delete

wah saya boleh belajar dong sama mba, soal jualan di ebay...

Reply
avatar

Mari kita menjalin pertemanan dengan meninggalkan komentar Anda di postingan ini. EmoticonEmoticon